Try to search for The Things?

April 01, 2013

Internet Love Scam: Penipuan UK - Malaysia?



Untung aja dia mintanya gak logis 2.000 dollars! gilingan 19 juta rupiah mamen!

Ihwal cerita, saat ada yang kirim pesan via inbox FB saya. Asal niatnya baik, dan saya lagi ada waktu, saya respon alakadarnyalah. Dia mulai ceritain personal backgroundnya. Ibunya asli Malaysia, bapaknya asli UK (sebelumnya tinggal di Malay for works) dan sekarang bapaknya udah meninggal. Kerjaan dia Engineer and Supply in some other company di UK. Sibuk dan sering travel to some other countries. Foto-fotonya look so clean guy. Very smooth...

Lama-lama dia nawarin cinta, rayu sana, rayu sini. Wah mulai curiga dong (nawarin cinta, nawarin barang terlalu mainstream ya?) pasalnya doi baru create account FB in this 2013! C'mon. Alasanya sih sibuk kerja, gak sempet socmed-an. Hah masa' iya?. Ditanya pake aplikasi yang lagi tersohor sejagat? dia jawab gak. Untung cerita 'pertemanan' ini saya curhatkan ke temen sebelah, iya dong memang harus waspada dan butuh second opinion. Oiya doi ganteng? pastinya. Tapi  hold on guys, ingatkah kalian film CATFISH? film indie yang nyeritain internet love scam happens. Pelakunya ibu-ibu gendut dengan ketidakpedean dalam dirinya demi menyongsong hari-hari, desperate? yes, could be. Dia nyomot (yang baru-baru diketahui) foto-foto model yang diklaim bahwa itu dirinya, trus dia juga create puluhan akun yang mengindikasikan saudara-saudaranya. Very smooth.. Targetnya adalah cowo cakep fotografer di benua sebelah. Motifnya bukan penipuan uang, tapi karena si Ibu ini haus akan cinta kasih dari lelaki ganteng and realize she couldn't make it with her flaws and obesity. Atas anjuran sodara dan temen si fotografer, mereka memberanikan diri untuk melakukan perjalanan panjang ke alamat si cewe. Seeking the truth and unexpected discoveries. Ah, you should yourself check it out here.

Balik lagi ke kisah internet love scam versi saya. The number is quite identified by oversea number, +447xxx. Rajin nelpon hanya untuk tanya kabar, dan melancarkan rayuan gombal gaek (pasti copas dari quote lapak sebelah). Pas saya cek apakah hafal nama saya? doi bengong. Online nya istiqomah sekali tiap jam-jam tertentu yang dibilang lagi lunch, break, dan santai-santai. Bahasa inggrisnya kacau pake "am" daripada "I am" dan keganjilan lain-lainnya immediate arise. Saya minta teman saya add dia, eh besoknya doi bilang ke saya "jangan kasih tau saya ke temen-temenmu ya, ntar kamu gak jadi tak ajak ke UK lho". Preeet...!

Tiba-tiba setelah gencar melakukan serangan 2 mingguan, pelaku bilang dia punya rencana untuk visit Malay dengan Ibunya dalam minggu ini. Dia bilang harus beresin sisa-sisa kerjaan bapaknya. Beralasan pekerjaan yang dihasilkan bapaknya di Malaysia kena masalah, dia harus bayar tax ke Govt Malay. Kudu bayar 10,000 dollars, dan dia minta saya bantu bayarkan ke lawyernya cuma 2,000 dollars! Ntar kalau minggu depan dia ke Malay akan diganti itu duit. UDAH GAK BENER LAGI INI. Siapa elu?

Berselancarlah saya ke dunia maya, eh akhirnya dapet banyak artikel tentang penipuan jenis ini, modus macem-macem, motif tetep: minta duit dengan connection love sebagai trigger. OH PLIS! paginya beneran tuh ada nomer Malaysia yang kontak saya berkali-kali dan nomer +447 itu, ada 10 kalian lebih. Telpon aja teroooos..., belum puas doi nanyain pula di inbox. Poor you, block is talking now. Namanya Christopher Lewis (saya rasa namanya pun bo'ongan). Dan ohya kasian sekali muka ganteng yang dipasang di FB itu, dia kan gak bersalah kan ya? *teteup...radar pendeteksi orang ganteng bekerja* hahaha lol.

Gak cuma di Asia sih kasus ini terjadi, it happens in another continental. Semacam sindikat? iya. See the link Warning dari FBI atau curhatan teman-teman di Indonesia yang terlanjur kena tipu Victims from INA  atau Ciri-ciri penipu. Oh Dear...be careful what you do, kata Michael Jackson di lagunya.


--Kim--


1 comment:

Joko Aza said...

Terima kasih infonya tentang para scammer, saya juga banyak menerima email scammer(penipuan) bermoduskan mencari cinta tapi di ujung suratnya selalu meminta uang dengan berbagaimacam alasan. itu semua saya tuangkan dalam blog saya. Jika ingin mengetahui para scammer dunia silahkan kunjungi: http://romancescammer.blogspot.com/

There was an error in this gadget

Follow